Tri

Harga Naik! Paket Chatting Tri Sebulan Rp 6.000

Evy Nurvitasari
2 Komentar
Beranda
Tri
Harga Naik! Paket Chatting Tri Sebulan Rp 6.000
Empat tahun yang lalu saya sudah menulis berkaitan dengan Paket Chatting Tri Sebulan dalam tulisan yang berjudul [Mengenal Paket Chat Tri (3) Sebulan Rp 5.000] dan [Cara Membeli Paket Chat Tri (3) Rp 5.000 Sebulan]. Di tahun 2024 ini ternyata paket chatting 3 bulanan tersebut harganya sudah naik menjadi Rp 6.000 sebulan.

Mengingat Paket Chatting Sebulan Kartu Tri masih banyak peminatnya, maka menurut saya cukup wajar apabila harga paket chat 3 sebulan naik Rp 1.000 setelah kurang lebih 4 tahun berlalu. Meski demikian ada dua hal yang perlu saya sampaikan kepada sahabat pelanggan Kartu Tri sebelum sahabat mengaktifkan Paket Chatting Sebulan Kartu Tri 6rb.

Tri Kurang Update Soal Paket Chatting Sebulan

Ada hal yang membuat saya ‘garuk-garuk kepala’ ketika melihat informasi yang disampaikan oleh Tri bekaitan dengan aplikasi yang bisa diakses menggunakan Paket Chatting Tri Sebulan. Hingga saat ini (Juni 2024), Tri masih menginformasikan bahwa aplikasi yang bisa diakses menggunakan paket chatting sebulan adalah WhatsApp, LINE, BBM, KakaoTalk, dan WeChat.
paket-chat-tri-sebulan-6000
Yang membuat saya bingung adalah “Kenapa Aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) masih diikutsertakan?”. Padahal seperti yang sudah sahabat ketahui bersama bahwa Aplikasi BBM sudah dihentikan oleh developernya dan saat ini aplikasi tersebut sudah tidak tersedia di Google Play Store maupun App Store. Baca Juga: Selamat Tinggal BlackBery Messenger

Tri Kurang Transparan Berkaitan Paket Chatting Sebulan

Banyak sahabat pengguna Kartu Tri yang mengira bahwa Paket Chatting Tri Bulanan bisa dipakai untuk melakukan panggilan melalui aplikasi WhatsApp, LINE, KakaoTalk, ataupun Wechat. Padahal kalau merujuk pada istilah Chatting, sahabat hanya bisa menggunakan aplikasi yang sudah saya sebutkan tersebut untuk berkirim pesan (Text, Emoticon, dan Gambar).

Jadi apabila ada yang bertanya “Paket chatting Tri Sebulan bisa digunakan untuk aplikasi apa saja?”, maka jawabannya adalah paket chatting Tri bulanan bisa dipakai untuk mengakses aplikasi WA, LINE, KakaoTalk, dan Wechat. “Apakah paket chatting Tri sebulan bisa dipakai untuk melakukan panggilan video (videocall)?” Jawabannya adalah Tidak Bisa!

Selain berkaitan dengan hal yang sudah saya sampaikan di atas, satu hal lagi yang membuat saya bertanya-tanya adalah “Apakah ada FUP dalam Paket Chatting Sebulan?”. Jujur saja sekarang saya malah belum menemukan informasi berkaitan dengan FUP (Fair Usage Policy) pada paket chatting sebulan kartu Tri.

Seingat saya ketika dulu saya mengaktifkan paket chatting bulanan Katu Tri, terdapat batasan pemakaian kuota (FUP) pada paket tersebut yaitu 50MB/per hari. Itu artinya bahwa kuota paket chat Tri sebulan adalah 50MB x 30 hari = 1500MB atau 1.5GB. Berkaitan dengan unlimited atau tidak, sampai saat ini saya belum mendapatkan informasi yang jelas.

Paket Chatting Tri Sebulan Pantas Dibeli?

Harga tergolong murah (Rp 6.000) dan masa aktif yang panjang (30 hari) menurut saya adalah salah satu keunggulan dari Paket Chatting Sebulan Kartu Tri. Jadi paket tersebut juga bisa sahabat gunakan untuk menambah masa aktif dari nomor Tri yang sahabat gunakan, dengan catatan ketika sahabat mengaktifkan paket tersebut, masa aktif nomor Tri sahabat kurang dari 30 hari.

Secara matematis, aplikasi WhatsApp (WA) kalau hanya digunakan untuk mengirim pesan dan gambar secara normal, maka untuk saat ini tidak dibutuhkan kuota internet yang besar. Dengan demikian maka sebenarnya 50MB sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan aplikasi tersebut. Meski demikian tentu saja kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

2 komentar

  1. Aida
    Aida
    26 Juni, 2024
    Sekarang kayaknya era nya sudah whatsapp semua.

    Kalau dulu jaman kuliah 2014 an pakai LINE.
    Karena jaman itu yang bisa videocall baru LINE , sama LINE ada stiker stiker lucu.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      27 Juni, 2024
      Iya Kak, sekitar tahun itu saya juga pakai aplikasi LINE buat VC. Tetapi yang paling Legend dan sekarang sudah tidak ada adalah Yahoo Messenger Kak 🙂