EZnet Telkomsel

Mengenal EZnet Internet Unlimited 10Mbps Telkomsel

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
EZnet
Telkomsel
Mengenal EZnet Internet Unlimited 10Mbps Telkomsel
Seolah sudah membaca tulisan saya yang berjudul [Operator Internet Seluler Harus Tanggap! Internet Unlimited Sudah Menjamur di Desa], baru-baru ini Telkomsel menghadirkan layanan EZnet by Telkomsel yang menawarkan paket internet unlimited bulanan dengan kecepatan 10Mbps dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu Rp 150.000 per bulan.

EZnet Telkomsel bisa saya katakan cukup menarik mengingat sebelumnya Telkomsel sudah memiliki layanan IndiHome yang juga menawarkan paket internet unlimited bulanan. Hal yang membuat EZnet Telkomsel menjadi lebih ‘berbeda’ dibandingkan dengan IndiHome adalah segmen konsumen yang diincar oleh EZnet tentunya berbeda dengan segmen yang disasar IndiHome.

Pengertian

EZnet Telkomsel adalah layanan internet broadband dari Telkomsel melalui jaringan fixed (kabel) yang menyasar pengguna internet rumahan dengan biaya yang terjangkau. Dengan layanan tersebut, sahabat bisa mengakses internet sepuasnya menggunakan peralatan yang sudah dipasang oleh Telkomsel di rumah sahabat menggunakan jaringan WiFi ataupun kabel.
mengenal-eznet-internet-unlimited
Seperti halnya dengan paket internet IndiHome, sahabat bisa akses semua konten internet dan aplikasi menggunakan koneksi internet EZnet Telkomsel. Dengan koneksi internet unlimited, maka sahabat tidak perlu khawatir lagi mengakses internet karena berapapun kuota internet yang sahabat gunakan, biaya yang akan sahabat keluarkan adalah sama saja (tidak berubah).

Pilihan & Harga Paket

Saat Eznet diperkenalkan pertama kali, hanya ada satu paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel yaitu Paket EZnet 10Mbps. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa paket internet EZnet Telkomsel kedepannya bisa ditambah lagi jenisnya mengikuti perkembangan dinamika kebutuhan internet di masyarakat.

Saat ini Paket EZnet Telkomsel 10Mbps dibanderol dengan harga Rp 150.000 (Untuk Harga di Pulau Jawa & Bali), Rp 170.000 (Untuk Harga di Pulau Sumatera), dan Rp 200.000 (Untuk Harga di Pulau Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua). Perlu dicatat bahwa harga yang saya sebutkan tersebut belum termasuk PPN 11%.

Gambaran Kecepatan 10Mbps

Beberapa tahun yang lalu, IndiHome pernah menawarkan Paket Internet 10Mbps, akan tetapi lambat laun paket internet IndiHome yang ditawarkan adalah minimal adalah 20Mbps & 30Mbps. Yang mungkin jadi pertanyaan adalah “Kecepatan Internet Eznet Telkomsel 10Mbps bisa untuk berapa orang?”.

Dalam tulisan saya yang berjudul [Analisis Kecepatan Kartu by.U Unlimited 2Mbps] saya sebutkan bahwa untuk kebutuhan streaming video (YouTube, Netflix, Vidio, VIU, dan sebagainya), serta untuk akses aplikasi medsos (Facebook, Instagram, dan lainnya), serta kirim pesan melalui WhatsApp bisa berjalan lancar menggunakan internet unlimited 2Mbps.

Apabila saya menggunakan koneksi internet dengan 10Mbps atau secara matematis 5 kali lipat dengan kecepatan internet unlimited by.U 2Mbps, maka tidak perlu dipertanyakan lagi apakah kecepatan tersebut akan lancar atau tidak digunakan oleh 2 atau 3 pengguna sekaligus. Saya yakin untuk penggunaan internet rumahan satu keluarga sudah cukup mumpuni kecepatan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan

Ada beberapa kelebihan paket EZnet Telkomsel yaitu harga yang terjangkau, layanan internet unlimited (sepuasnya), dan tentu saja hemat biaya. Sedangkan untuk kekurangan paket EZnet adalah hal yang berkaitan dengan FUP, harga yang diskriminasi, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya bisa sahabat baca pada tulisan saya tentang Kelebihan & Kekurangan Paket Internet Unlimited EZnet Telkomsel.

Catatan

Saya cukup mengapresiasi ‘gebrakan’ dari Telkomsel dengan hadirnya Paket EZnet 10Mbps. Tentunya saya juga menunggu gebrakan lainnya dari Eznet Telkomsel dengan paket internet lainnya yang harganya lebih terjangkau meski kecepatannya diturunkan. Saya kira internet 5Mbps Eznet dengan biaya Rp 90.000 perbulannya cukup menarik apabila ditawarkan oleh Telkomsel.

Untuk operator lainnya seperti XL Axiata dan Indosat Ooredoo Hutchison saya kira juga perlu mempertimbangkan untuk mengeluarkan paket internet rumahan baru dengan harga yang terjangkau (syukur-syukur apabila harganya di bawah Rp 100.000/bulan) agar masyarakan memiliki pilihan yang lebih variatif. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar