Catatan Saya

Pengalaman Membuka Rekening Mandiri Tabungan Now

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
Catatan Saya
Pengalaman Membuka Rekening Mandiri Tabungan Now
Berawal dari informasi berkaitan dengan adanya pergantian jenis rekening untuk menerima transfer biaya Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), selanjutnya saya mulai mencari informasi tentang jenis tabungan yang disediakan oleh Bank Mandiri. Tentu saja jenis rekening yang saya cari adalah tabungan yang biaya administrasinya rendah.
pengalaman-buka-rekening-tabungan-mandiri-now
Sebelumnya, jenis rekening yang digunakan untuk menerima transfer biaya dari BPI adalah rekening Bank rakyat Indonesia (BRI). Saat itu saya menggunakan rekening Britama yang biaya administrasinya menurut saya cukup mahal dibandingkan dengan rekening BRI saya lainnya yaitu Simpedes.

Alasan Pilih Rekening Mandiri Tabungan Now

Setelah mencari beragam informasi melalui internet tentang jenis-jenis rekening yang ditawarkan Bank Mandiri, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening Mandiri Tabungan Now. Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa pertimbangan utama saya memilih Mandiri Tabungan Now adalah karena biaya administrasi yang murah.

Selain itu, proses untuk membuka rekening tabungan Mandiri Now juga tidak merepotkan karena bisa dilakukan secara online. Hanya bermodal smartphone yang terhubung ke internet, saya sudah bisa membuat rekening tabungan. Selain itu, kartu debit ATM juga akan dikirimkan ke alamat nasabah.

Persiapan Buka Rekening Mandiri Tabungan Now

Seperti halnya ketika membuka rekening tabungan secara offline, tentu saja ada beberapa data yang harus disiapkan sebelum membuka rekening tabungan Mandiri Now. Adapun data yang harus disiapkan untuk membuat rekening tabungan Mandiri Now adalah sebagai berikut:
  • e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Tanda tangan di kertas putih
  • Setoran awal minimal Rp 100.000
Untuk e-KTP, NPWP, dan tanda tangan di kertas putih, nantinya akan discan atau diphoto melalui HP (smartphone) ketika proses pembuatan. Sedangkan untuk setoran awal dengan nominal minimal Rp 100.000 nantinya akan dikirimkan dengan cara ditransfer ke nomor rekening yang sudah dibuat.

Proses Pembuatan Rekening Mandiri Tabungan Now

Untuk membuka rekening Tabungan Mandiri Now sebenarnya ada dua cara yaitu melalui aplikasi Livin’ by Mandiri dan melalui website yang disediakan oleh Bank Mandiri. Saat itu saya lebih memilih untuk menggunakan website dengan alamat join.bankmandiri.co.id menggunakan browser Google Chrome.

Setelah mengakses halaman website join.bankmandiri.co.id selanjutnya saya memilih [Buka rekening Baru]. Selanjutnya tinggal mengikuti instruksi yang sudah tertera di website tersebut seperti memilih jenis kartu ATM, isi data dan verifikasi nomor HP, isi data pendidikan, pendapatan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Selain itu, nantinya calon nasabah juga disuruh untuk mengisi alamat yang digunakan untuk menerima kartu ATM. Guna validasi, dalam proses pembuatan rekening Tabungan Mandiri Now juga akan dilakukan verifikasi secara langsung menggunakan Video call. Untuk melakukan semua proses tersebut bisa dikatakan tidak terlalu lama.

Kendala Pembukaan Rekening Mandiri Tabungan Now

Ketika proses pembuatan rekening tabungan Mandiri Now secara online memang cukup mudah dan tidak ribet karena bisa dilakukan dari rumah dan tidak perlu mengantri. Akan tetapi berdasarkan pengalaman saya ketika membuka rekening tersebut, terdapat pengalaman yang tidak mengenakkan.

Peristiwa tersebut adalah berkaitan dengan pengiriman kartu ATM yang dijanjikan oleh Bank Mandiri tidak kunjung sampai di alamat sesuai dengan data yang saya masukkan. Padahal kalau menilik ketentuannya, kartu ATM akan segera dikirimkan tidak sampai 1 minggu karena saat itu alamat saya berada di Bandung (Jawa barat).

Tanpa kartu ATM tersebut, saya tidak bisa masuk ke aplikasi Livin' by Mandiri untuk cek mutasi saldo. Hal tersebut sangat disayangkan karena saya tidak bisa cek apakah uang beasiswa sudah ditransfer atau belum. Karena hampir satu bulan kartu ATM nya belum sampai, akhirnya saya menanyakan ke Bank mandiri

Komplain Pembuatan Rekening Mandiri Tabungan Now

Ada dua nomor call center yang disediakan oleh Bank Mandiri yaitu 14000 dan 021-5299-7777. Kalau tidak salah waktu itu saya menghubungi nomor 021 5299 7777 karena seingat saya waktu itu saya memiliki paket nelpon all operator Telkomsel yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan ke nomor kantor atau rumah.

Setelah saya ceritakan kronologi beserta keluhan saya, customer service Bank Mandiri menginformasikan bahwa kartu ATM saya sudah dikirim ke alamat saya dan sudah diterima oleh seseorang yang menurut saya nama yang disebutkan tidak berada di lingkungan tempat tinggal saya di Bandung.

Ketika saya meminta untuk dikirimkan ulang ATM yang menjadi hak saya tersebut, CS Bank Mandiri mengatakan bahwa tidak bisa dilakukan dan harus diambil ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Untungnya tempat tinggal saya di Bandung dekat dengan KC Bank Mandiri, bagaimana kalau tempatnya jauh? Merepotkan tentunya!

Akhirnya Dapat ATM Mandiri Tabungan Now

Setelah saya datang ke salah satu kantor cabang Bank Mandiri yang berada di Kota Bandung, selanjutnya setelah mengantri dan bertemu dengan customer service, akhirnya ATM Debit Mandiri bisa saya terima. Setelah itu, ATM tersebut langsung saya aktifkan melalui mesin ATM yang berada di Bank tersebut.

Selanjutnya dengan kartu ATM tersebut, tentunya saya bisa masuk ke aplikasi Livin' by Mandiri. Dengan begitu tentu saja saya sudah bisa cek saldo mutasi rekening tabungan Mandiri Now saya dan sudah bisa melakukan transaksi seperti transfer uang dan mengambil uang melalui mesin ATM.

Kesan Membuka Mandiri Tabungan Now

Proses membuka rekening Mandiri Now bisa dikatakan sangat mudah dan praktis. Meski demikian, berkaca dari pengalaman saya seperti yang sudah saya sampaikan di atas, apabila terjadi kendala maka bisa dikatakan bahwa "Repot Juga” ketika membuat rekening Mandiri Tabungan Now.

Tentunya saya tidak mengharapkan sahabat juga mengalami pengalaman kurang mengenakkan seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Dibalik itu semua, tentunya dengan biaya Administrasi bulanan Rp 5.000 menjadikan tabungan Mandiri Now sebagai pilihan jenis tabungan yang cukup hemat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar